teknologi dan bisnis online

Teknologi informasi

Cara pasang media player di friendster

Posted by pratamastory on August 26, 2008

Media Player di Friendster/Blog

Sudah lama pengen nulis tutorial ini, maaf ya buat teman friendster yang request, baru kesampaian sekarang. Tadinya mau ditulis di blog friendster, tapi karena ini juga bisa di aplikasikan di blog maka sekalian aja ditulis disini.
cba lihat /klik cntoh gmbar media player berikut:







Tujuan

Sharing audio (lagu) untuk fitur multimedia friendster dan blog.

Platform/Browser

Microsoft Windows, dengan media player Plug In, biasanya sudah otomatis terintegrasi di browser berbasis Windows (IE, Firefox, Opera, Netscape, dll), nggak perlu ada yang diubah. Pemakai Linux dan Mac, silahkan minggir sekarang he3x..

Yang Dibutuhkan

1. Jet Audio Player, bisa download di sini, versi basic udah cukup. Gunanya untuk konversi file audio (misalnya mp3) yang ingin kita sharing ke format wma, kenapa? Soalnya format itu ukuran file nya jauh lebih kecil, jadi bisa lancar di download oleh browser pengunjung. Konsekuensi nya, kualitas audio sedikit berkurang, wajar kok.

2. File hosting dgn fasilitas hot linking, eit.. cukup jangan bertanya lebih jauh, bagi yang mengerti bisa langsung skip ke no.3, tapi bagi yang bingung maka kalimatnya saya ubah; account di Yahoo geocities, tapi ada keterbatasan nya, baca disclaimer di bawah posting ini nanti ya.

3. Opsional – LimeWire, untuk mencari dan download musik, film, dll sebagainya dari internet, ini sebenarnya nggak perlu amat sih, intermezzo aja sekadar nambah2in koleksi lagu/film. Ehm.. saya ingatkan, perhatian perhatian.. PIRACY is CRIME, pokoknya udah di ingetin tuh yaa.. *kaburr*

Balik ke topik, prinsipnya hanya no.1 dan 2 yang vital. Sekarang step by step nya.

A. DOWNLOAD dan install Jet Audio Player.

Restart komputer setelah instalasi, gunanya ada, pokoknya kerjain aja -)

B. PILIH lagu nya.

Usahakan file size nya cukup kecil, untuk format mp3 durasi 0-3 menit ideal, termasuk dial up mungkin masih kuat, durasi 3-5 menit mungkin hanya lancar untuk koneksi ADSL, durasi 5 menit keatas kemungkinan besar cuma bisa lancar terdengar oleh koneksi broadband. Memang nggak selalu berlaku begitu, bergantung kualitas koneksi nya.

C. KONVERSI ke format wma.

Klik kanan file yang kita pilih, nah di list nya sekarang ada menu untuk Jet Audio (itu gunanya restart tadi, untuk menjamin menu ini muncul saat klik kanan).

Pilih, convert with jet audio. Ubah file naming, HARUS ke huruf kecil semua dan TANPA spasi (mengikuti standar html), misal:

Goyang Dombret ditulis: goyangdombret

Tick, create new files in the following folder, terserah nanti file hasil konversinya akan di taruh di folder mana, gampangnya ke desktop aja.

Set Output format, pilih WMA – Windows Media Audio 9.

Klik config, pilih format Windows Media Audio (wma), Constant Bitrate (cbr) pilih 32 Kbps Stereo (biasanya lagu mp3 yang kita punya standarnya 128 Kbps), ukuran file jauh menjadi lebih kecil namun tetap stereo.

Boleh dipilih kbps yang lebih kecil, tapi kualitas suaranya juga makin menurun, dari pengalaman, setting diatas cukup pas.

Klik Ok, selanjutnya klik Start untuk mulai konversi.

Di akhir proses ada pertanyaan apakah ingin menambah file ini ke album, jawab saja No.

D. UPLOAD File tersebut ke server (geocities).

Login ke yahoo geocities, nah ini step by stepnya banyak deh terutama yang belum pernah mengaktifkan geocities nya, tapi intinya:

– Aktifkan geocities kalau belum diaktifkan

– Akses File Manager, silahkan cari link kunci ini, open file manager, jangan ubah apa-apa, klik langsung.

– Nah sekarang gampang, nggak perlu bikin2 folder atau apa, langsung scroll ke bawah dari list file yang ada, cari tombol Upload Files. Browse deh file lagu wma kita tadi, upload.

– Kalau sudah selesai, lihat list nya apakah file kita sudah masuk, pastikan juga file name nya benar, tanpa huruf besar dan tanpa spasi. File kita tadi harusnya terbaca, goyangdombret.wma

– Sign out dari geocities, sisi praktis aja, pusing kan banyak windows yang terbuka -)

E. COPY PASTE script ini:

==========

Image hosted by Photobucket.com

==========

Diatas hanya screen shot saja, karena berkali-kali wordpress otomatis menghapus script yang saya tuliskan. Klik link ini untuk memperbesar gambar. Silahkan diketik sendiri, atau boleh email untuk attachment text nya.

Asumsi judul lagunya adalah goyangdombret.wma, dan account geocities yang dipakai adalah yahoo ID: wirakito.

Bagi kebanyakan blogger, bahasa html script ini cukup familiar dan bisa dimodifikasi sesuai selera.

Saya sudah mencoba script ini bekerja baik untuk Blogspot dan Friendster, sementara wordpress.com tidak menerima script, host gratisan yang lain saya belum pernah coba.

Untuk Blogspot, tinggal copy paste ke posting nya aja (bagian html).

Untuk Friendster, masuk ke Edit Profile lalu Customize lalu Add music and video and more images to your profile. Copy paste aja kesana, klik tombol save, beres.

Kalau semua lancar, maka tampilan nya akan begini (screen shot diambil dari profile friendster saya).

Image hosted by Photobucket.com

Disclaimer:

1. Lagu yang kita sharing secara otomatis akan di download oleh browser pengunjung, karena itu makin besar ukuran file nya maka makin sulit lagu tersebut untuk mulus terdengar tanpa putus-putus, malah bisa membuat browser macet/hang. Takaran ideal adalah lagu yang berukaran maksimal 1 Mb (durasi sekitar 4 menit), semakin pendek justru makin besar kans nya bisa dinikmati.

2. Account gratis Yahoo Geocities memiliki limit data transfer 3 GB per bulan, wow dermawan amat ya, TAPI dijatahi hanya 4.2 Mb saja per JAM! Jadi kalaunya lagu berukuran 1 Mb, dan dalam jangka waktu satu jam site kita dikunjungi 5 orang, maka orang kelima tidak akan bisa mendengar lagu tsb (error), tunggu saja sekitar satu jam lagi, halah.. maklum gratisan.

3. Geocities sebenarnya tdk memperbolehkan praktek ini (hot linking), disini saya hanya mengambil geocities sebagai contoh, praktek nya bisa ke server mana saja, yang penting link buat script nya itu loh..

4. Script ini memang hanya mendukung satu lagu saja dan mesti diganti manual link di script nya untuk lagu lain (bisa juga dgn ganti judul lagu yang sama di server/geocities), untuk sharing sekaligus banyak lagu, ada yang namanya radio blog.

5. Saya menyatakan tidak bertanggung-jawab atas penyalahgunaan informasi di posting ini, apa-apa yang tidak boleh dan ilegal sudah saya tuliskan.

Moga-moga sharing ini berguna ya, sayang nih wordpress.com nggak menerima script, tapi kalau mau lihat sampelnya ada di profile friendster. Kalau belum jadi teman friendster saya, haahh? Hari genee belum add saya? Hi3x.. becanda deng.. tuh ada link ke blog friendster di samping.

Eh ngomong2 tentang friendster, nih service bener-bener buruk, iklan-iklan nya makin mengganggu, sebenarnya social networking yang bagus banget tuh Multiply, sayang munculnya setelah ledakan friendster, sayang temen2 lama kumpulnya di friendster, lah kok jadi out of topic gini ;-)

Have a nice weekend..

3 Responses to “Cara pasang media player di friendster”

  1. myblog said

    […] Cara pasang media player di friendster […]

  2. citcit said

    om… tingal atuh blog kuring nu enggal

    hahahahahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: